Tupoksi SEKRETARIAT

Sekretariat

Pasal 3

  1. Sekretariat mempunyai  tugas membantu mengkoordinasikan perumusan kebijakan teknis pembinaan dan melaksanakan kegiatan surat menyurat, rumah tangga, perencanaan, perlengkapan, keuangan, kepegawaian, pembinaan organisasi, tatalaksana dan perundang-undangan serta memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh unit di lingkungan Badan.
  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Sekretariat mempunyai fungsi :
  1. Pengkoordinasian dan penyelenggaraan pembinaan dan pelayanan administrasi kepada seluruh unit organisasi dilingkungan Badan.
  2. Penyiapan Peraturan Perundang-undangan dibidang kepegawaian Pendidikan Pelatihan
  3. Penyiapan perencanaan pengembangan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan Daerah dan kebijakan teknis pengembangan kepegawaian Pendidikan Pelatihan Daerah sesuai dengan norma, standar  dan prosedur yang ditetapkan pemerintah.
  4. Penyelenggaraan urusan tata usaha kantor, rumah tangga, perlengkapan, urusan keuangan dan menyusun  program kerja, evaluasi pelaksanaan program kerja dan menyusun laporan tentang pelaksanaan administrasi kepegawaian.
  5. Penginventarisir permasalahan – permasalahan yang berhubungan dengan bidang kepegawaian dan menyiapkan petunjuk pemecahan masalah.
  6. Pengevaluasian program kerja/tugas yang telah dilaksanakan serta membuat laporan sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan kepada atasan;
  7. Pembagian tugas kegiatan kepada bawahan dan memberikan arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan tugas bidang masing-masing agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan Peraturan Perundang-undangan sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan kerja;
  8. Pemberian petunjuk kepada bawahan agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan  ketentuan Peraturan Perundang-undangan sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan kerja;
  9. Penilaian hasil kerja bawahan berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier dan penilaian SKP (Sasaran Kinerja Pegawai Negeri Sipil);
  10. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas

Paragraf 1

Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan

Pasal 4

  1. Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan mempunyai tugas membuat penyusunan program kerja dan kegiatan serta membuat laporan dibidang kepegawaian, berkoordinasi pada masing-masing bidang dan sub bidang agar terbentuk rencana kegiatan yang efektif, transparan dan akuntabel.
  2. Rincian tugas Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan adalah sebagai berikut:

 

  1. Membuat program kerja dan kegiatan dibidang kepegawaian dan berkoordinasi pada masing-masing bidang dan sub bidang yang ada di badan agar terbentuk rencana kegiatan yang efektif, transparan dan akuntabel.
  2. Menyiapkan standarisasi akuntabilitas dan evaluasi pelaksanaan program kerja serta kegiatan operasional.
  3. Menyusun hasil pelaksanaan program kerja dan kegiatan operasional serta administrasi kepegawaian.
  4. Bersama-sama Subbag Keuangan menyusun rencana anggaran belanja kantor (RKA/DPA) sebagai  dasar pelaksanaan kegiatan.
  5. Membuat bahan rapat koordinasi di tingkat kabupaten maupun provinsi dengan berkoordinasi dengan masing-masing bidang dan sub bidang guna memperoleh bahan dan data yang akurat untuk dilaporkan pada rapat koordinasi.
  6. Melakukan koordinasi, monitoring,  evaluasi dan pelaporan terhadap semua kegiatan yang telah dilaksanakan oleh badan.
  7. Mengevaluasi program kerja/tugas yang telah dilaksanakan serta membuat laporan sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan kepada atasan;
  8. Membagikan tugas kegiatan kepada Staf dan memberikan arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan tugas bidang masing-masing agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan Peraturan Perundang-undangan sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan kerja.
  9. Memberikan petunjuk kepada staf agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan  ketentuan Peraturan Perundang-undangan sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan kerja;
  10. Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier dan penilaian SKP (Sasaran Kinerja Pegawai Negeri Sipil);
  11. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai dengan perintah atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

 

 

Paragraf 2

Sub Bagian Keuangan

Pasal 5

  1. Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan keuangan dan mengelola perlengkapan meliputi urusan perbendaharaan ,akuntansi, verifikasi ganti rugi tindak lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dan perlengkapan.
  2. Rincian tugas Sub Bagian Keuangan adalah sebagai berikut:
  1. Menyusun rencana anggaran belanja kantor (RKA/DPA) bersama-sama Subbag Perencanaan dan Pelaporan sebagai dasar pelaksanaan kegiatan.
  2. Mengecek pencairan dana, penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran anggaran yang telah dilakukan oleh bendahara pemegang kas yang kemudian menarik satu kesimpulan yang akuntabel untuk dijadikan dasar pelaksanaan kegiatan selanjutnya.
  3. Memeriksa bukti-bukti pengeluaran, dokumen pendukung pertanggungjawaban keuangan meliputi, penyimpanan dan pemeliharaan arsip/ dokumen keuangan, pembukuan penerimaan dan pengeluaran keuangan.
  4. Membimbing dalam pelaksanaan tugas bendahara yang meliputi pembukuan keuangan bukti-bukti pengeluaran dan dokumen pertanggungjawaban keuangan.
  5. Mengecek menyelesaikan administrasi perjalanan  dinas yang dilakukan Badan dalam setiap kegiatan, sehingga administrasi perjalanan dinas tersebut dapat diselesaikan tepat waktunya.
  6. Membuat laporan keuangan (bulanan, triwulan, semester dan tahunan) dengan berkoordinasi pada masing-masing bidang dan sub bidang sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan.
  7. Mengevaluasi program kerja/tugas yang telah dilaksanakan serta membuat laporan sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan kepada atasan;
  8. Membagikan tugas kegiatan kepada Staf dan memberikan arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan tugas bidang masing-masing agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan Peraturan Perundang-undangan sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan kerja.

 

  1. Memberikan petunjuk kepada staf agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan  ketentuan Peraturan Perundang-undangan sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan kerja;
  1. Menilai prestasi kerja bawahan berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier dan penilaian SKP (Sasaran Kinerja Pegawai Negeri Sipil);
  2. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.
  1. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai dengan perintah atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

Paragraf 3

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Pasal 6

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan pelayanan ketatausahaan, rumah tangga, kepega




DR. CANDRA PUASATI, S.Pd. M.Pd
DR. CANDRA PUASATI, S.Pd. M.Pd

RUDI AMINUDIN, S.E.
RUDI AMINUDIN, S.E.

EVI ERNAWATI, S.IP
EVI ERNAWATI, S.IP

SUSANA, S.IP
SUSANA, S.IP