Tupoksi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pasal  11

  1. Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia mempunyai tugas memimpin bidang pengembangan dan pendidikan pelatihan, melaksanakan sebagian kewenangan dibidang pengangkatan, pemindahan, pemberhentian dalam dan dari jabatan fungsional dan struktural (promosi pegawai).
  2. Dalam   melaksanakan  tugas   sebagaimana   dimaksud  pada  ayat  (1), Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia mempunyai fungsi :
  1. Pengkoordinasian Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui pelaksanaan sebagai kewenangan di bidang pengangkatan, pemindahan, pemberhentian dalam dan dari jabatan fungsional dan struktural (promosi pegawai).
  2. Perencanaan program kerja dan kegiatan di Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan berkoordinasi pada masing-masing sub bidang yang ada diBidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan agar terbentuk rencana kerja yang efektif, transparan dan akuntabel.
  3. Pemberi petunjuk dan pengarahan penyelenggaraan pendidikan pelatihan Penjenjangan maupun Pendidikan pelatihan Fungsional teknis.
  4. Penyusunan bahan kebijakan teknis dibidang pengembangan sumber daya manusia;
  5. Penyusunan program diklat prajabatan, penjenjangan, teknis, fungsional dan pembekalan;
  6. Pelaksanaan analisis kebutuhan diklat;
  7. Penyusunan daftar calon peserta diklat dan penyiapan administrasi sarana dan prasarana diklat;
  8. Penyelenggaraan dan pelaksanaan diklat prajabatan, penjenjangan, teknis, fungsional dan pembekalan;
  9. Pelaksanaan administrasi pengiriman peserta pendidikan dan pelatihan penjenjangan, teknis dan fungsional;
  10. Pelaksanaan koordinasi/konsultasi kediklatan ke provinsi dan pusat;
  11. Pelaksanaan penjajakan dan observasi lapangan kegiatan diklat;
  12. Pengevaluasian setiap kegiatan yang telah dilaksanakan di Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia agar bisa diketahui keberhasilan dan kegagalan dari setiap kegiatan untuk kemudian   dijadikan dasar pengambilan keputusan.
  13. Pembagian tugas kegiatan kepada bawahan dan memberikan arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan tugas bidang masing-masing agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan Peraturan Perundang-undangan sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan kerja;
  14. Pemberian petunjuk kepada bawahan agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan  ketentuan Peraturan Perundang-undangan sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan kerja;
  15. Penilaian hasil kerja bawahan berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier dan penilaian SKP (Sasaran Kinerja Pegawai Negeri Sipil);
  16. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas;

Paragraf 1

Sub Bidang Promosi Jabatan

Pasal 12

    1. Sub Bidang Promosi Jabatan mempunyai tugas memimpin sub bidang promosi jabatan, melaksanakan sebagian kewenangan dibidang pengangkatan, pemindahan, pemberhentian dalam dan dari jabatan fungsional dan struktural (promosi pegawai).
    2. Rincian tugas Sub Bidang Promosi Jabatan adalah sebagai berikut:
  1. Memimpin sub bidang promosi jabatan melalui pelaksanaan sebagian kewenangan dibidang pengangkatan, pemindahan, peberhentian dalam dan dari jabatan fungsional dan struktural (promosi pegawai).
  2. Merencanakan program kerja dan kegiatan di sub bidang promosi jabatan dengan berkoordinasi pada sub bidang Pendidikan Pelatihan  agar terbentuk rencana kerja yang efektif, transparan dan akuntabel.
  3. Membuat daftar nominative PNS yang memiliki kemampuan, integritas, kualitas dan kapasitas yang tinggi untuk diangkat dalam jabatan struktural dan fungsional melalui proses pelaksanaan BAPERJAKAT.
  4. Memeriksa bahan persiapan BAPERJAKAT untuk selanjutnya bekerjasama dangan tim baperjakat untuk memilih PNS yang memiliki kemampuan, integritas, kualitas dan kapabilitas yang tinggi untuk diangkat dalam jabatan struktural dan fungsional.
  5. Mengecek persiapan pelaksanaan pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian dalam dan dari jabatan struktural dan fungsional (promosi Pegawai) setelah sebelumnya melalui proses BAPERJAKAT.
  6. Memeriksa pelaksanaan administrasi PNS minimal enam bulan sebelum selesai mengikuti tugas belajar untuk dipromosikan dalam jabatan sesuai dengan pangkat dan golongan.
  7. Menilai pelaksanaan tugas bawahan baik langsung maupun melalui pengisian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP).
  8. Mengevaluasi program kerja/tugas yang telah dilaksanakan serta membuat laporan sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan kepada atasan;
  9. Membagikan tugas kegiatan kepada bawahan dan memberikan arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan tugas bidang masing-masing agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan Peraturan Perundang-undangan sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan kerja;
  10. Memberi petunjuk kepada bawahan agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan  ketentuan Peraturan Perundang-undangan sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan kerja;
  11. Menilai hasil kerja bawahan berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier dan penilaian SKP (Sasaran Kinerja Pegawai Negeri Sipil)
  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan untuk kelancaran pelaksanaan tugas

 

 

Paragraf 2

Sub Bidang Pendidikan Pelatihan Penjenjangan

Pasal  13

  1. Sub Bidang Pendidikan Pelatihan Penjenjangan mempunyai tugas merencanakan program kerja dan kegiatan di sub bidang Pendidikan Pelatihan Penjenjangan  dengan berkoordinasi dengan unit kerja agar terbentuk rencana kegiatan yang efektif, transparan dan akuntabel.
  2. Rincian tugas Sub Bidang Pendidikan Pelatihan Penjenjangan adalah sebagai berikut:
  1. Melaksanakan dan menyiapkan bahan pelajaran Prajabatan dan Diklat Prajabatan.
  2. Menyiapkan alat instruksi pelaksanaan Prajabatan dan Diklat Prajabatan.
  3. Menyiapkan tenaga pengajar pelaksanaan Prajabatan dan Diklat Prajabatan.
  4. Melakukan pembinaan terhadap tenaga pengajar dan alumni Diklat Prajabatan dan peserta Diklat Prajabatan.
  5. Membuat daftar nominatif pegawai yang akan mengikuti Diklat Prajabatan dan peserta Diklat Prajabatan.
  6. Mengkoordinasikan pelaksanaan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV,III dan II .
  7. Menyiapkan alat instruksi pelaksanaan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV,III dan II. 
  8. Membuat daftar nominatif pegawai yang akan mengikuti Diklat Kepemimpinan Tk.IV,III dan II
  9. Mengevaluasi program kerja/tugas yang telah dilaksanakan serta membuat laporan sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan kepada atasan;
  10. Membagikan tugas kegiatan kepada bawahan dan memberikan arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan tugas bidang masing-masing agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan Peraturan Perundang-undangan sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan kerja;
  11. Memberi petunjuk kepada bawahan agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan  ketentuan Peraturan Perundang-undangan sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan kerja;
  12. Menilai hasil kerja bawahan berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningk




ERDA LINA, S.Pd
ERDA LINA, S.Pd

JUNIZAR, S.Kom
JUNIZAR, S.Kom

ANWARI
ANWARI

ISDARYANTO, S.E.
ISDARYANTO, S.E.